Menteri BUMN Ungkap Upaya Pemerintah Bangun Ekonomi Papua

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Rini Soermarno mengatakan jika pemerintah melalui BUMN akan berupaya  membangun dan memberi pemerataan ekonomi di berbagai titik di Indonesia. Salah satu fokus di Papua.

Dia mencontohkan, harga sekantong semen di Papua sempat mencapai Rp 2 juta. Ini jauh berbeda dibandingkan di Jakarta misalnya yang hanya di kisaran Rp 60 ribu per sak.

“Di 2016 saja, harga semen di Puncak Jaya sampai Rp 2 juta per sak. Sementara di Jakarta Rp 60 ribu. Alhamdulillah, kami berhasil menurunkannya tanpa subsidi dari pemerintah menjadi Rp 500 ribu per sak,” jelas Rini.

Rini mengaku jika harga semen di Papua belum sama dengan di Jakarta. Namun dia optimistis kedepannya harga akan terus membaik.

Upaya lain yang diambil BUMN untuk meningkatkan kehidupan di Papua, adalah dengan mendorong pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) oleh PT Telkom dan Telkomsel. Serta meningkatkan fasilitas fiber optic agar anak-anak Papua bisa menikmati akses internet berkualitas.

Ia turut berharap menara BTS segera mencapai angka 150 ribu. Sekadar informasi, pada Maret lalu Telkomsel membangun 528 menara BTS di desa tanpa sinyal, dan beberapa di antaranya ada di Papua.

Rini pun menekankan pentingnya konektivitas di Indonesia dalam perkembangan ekonomi karena mengingat kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

“Menurut saya mobile phone menjadi berkah bagi Indonesia. Indonesia yang memiliki 17 ribu kepulauan, apabila tak ada mobile phone dan fiber optic tak mungkin kita meningkatkan hubungan finansial,” jelasnya.

Hobijudi.com – Situs judi bola online terbaik terbesar terpercaya indonesia resmi dan se asia dunia internasional